Selasa, 20 Desember 2016

Sistem Informasi Kesehatan



Sistem Informasi Manajemen kesehatan merupakan salah satu bagian penting yang tidak dipisahkan dari lingkungan ruang lingkup dunia kesehatan. informasi kesehatan ini dapat memberikan info yang akurat dan tepat serta dapat dipertanggungjawabkan, sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengambil keputusan.

Saat ini penyelenggaraan sistem informasi kesehatan dilakukan oleh berbagai program, yakni di sektor kesehatan. menurut WHO sistem kesehatan merupakan salah satu dari 6 komponen utama dalam sistem kesehatan di suatu negara. komponen tersebut ialah:
  1. service delivery (pelaksanaan pelayanan kesehatan)
  2. medicalproduct, vaccine and technologies (produk medis, vaksin, dan teknologi kesehatan)
  3. health worksforce (tenaga medis)
  4. health system financing (sistem pembiayaan kesehatan)
  5. health informasi sysem (sistem informasi kesehatan)
  6. leadership and govermance (kepemimpinan dan pemerintah)
Dari komponen tersebut diharapakan sistem informasi kesehatan mencangkup komponen penting yang ada didalamnya. bukan hanya data melaikan informasi yang lengkap, tepat, akurat dan cepat yang didapat disajikan dengan adanya sistem informasi kesehatan yang tertata dan terlaksana dengan baik.
selain komponen-komponen penting tujuan dari sistem informasi management kesehatan yaitu:
  1. sistem kesehatan yang berperan dalam memberikan informasi untuk pengambilan keputusan disetiap jenjang administratif kesehatan.
  2. dalam bidang kesehatan telah banyaj dikembangkan sistem informasi kesehatan yang bertujuan adar mentransformasikan data yang tersedia melalui sistem rutin maupun non rutin menjadi sebuah informasi.
Manfaat sistem informasi kesehatan menurut WHO  antara lain:
  • membantu mengambil keputusan untuk mendeteksi dan mengendalikan masalah kesehatan, memantau perkembangandan meningkatkannya.
  • pemberdayaan individu dan komunitas dengan cepat dan mudah dipahami, serta melakukan berbagai perbaikan kualitas pelayanan kesehatan
  • memudahkan setiap pasien untuk melakukan pengobatan dan mendapatkan pelayanan kesehatan.
  • memudahkan fasilitas kesehatan untuk mendaftar setiap pasien yang berobat.
  • semua kegiatan di fasilitasi kesehatan kontrol dengan baik.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Negeri SingaPerbangsa

Total Pageviews