Selasa, 20 Desember 2016

Sistem Pendukung Keputusan



sistem pendukung keputusan merupakan sistem interaktif yang menyediakan informasi, pemohonan, dan manipulasi data. sistem itu digunakanuntuk mengambil keputusan dalam situasi yang terstruktur dimana seseorang tidak tahu bagaimana keputusan yang akan dibuatnya. sistem pendukung keputusan biasanya dibangun untuk mendukung solusi atau masalah untuk mengevaluasi peluang, aplikasi DSS menggunakan CIBS (computer based information system) yang fleksibel, solusi masalah yang terstruktur.

Tujuan Sistem Pendukung Keputusan:
  1. membantu mengambil keputusan atas masalah yang terstruktur.
  2. memberikan dukungan atas pertimbangan
  3. meningkatkan efeksitas keputusan yang diambil lebih pada perbaikan efesiensinya.
  4. kecepatan komputas. komputer memungkinkan para pengambil keputusan untuk melakukan banyak komputasi secara cepat dengan biaya rendah.
  5. peningkatan produktifikas. membangun satu kelompok pengambilan keputusan bisa sangat mahal, pendukung terkomputerisasi bisa mengurangi ukuran kelompok dan memungkinkan para anggotanya untuk berada di berbagai lokasi yang berbeda.
  6. dukungan kualitas
  7. berdaya saing
  8. mengatasi keterbatasan kognitif
Selain tujuan dari sistem pendukung keputusan , adapun karakteristik dan nilai guna Sistem Pendukung Keputusan yaitu:
  1. sistem pendukung keputusan dirancang untuk membantu pengambilan keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menambahkan kebijakan manusia dan informasi komputerisasi.
  2. dalam proses pengolahannya, sistem pendukung keputusan mengkombinasikan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari atau integrasi informasi.
  3. sistem pendukung keputusan dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan atau dioprasikan dengan mudah.
  4. sistem pendukung keputusan dirancang denagn menekankan pada aspek fleksibelitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi.
sehingga sistem pendukung keputusan sangatlah berarti keberadaanya untuk perusahaan yang menentukan akan hasil dari permasalahan yang terstruktur.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Universitas Negeri SingaPerbangsa

Total Pageviews